Latar Belakang

Kidul Dalem Kecamatan Klojen merupakan salah satu kelurahan yang berada tepat di jantung kota Malang dengan berbagai jenis kalangan masyarakat baik pendatang maupun masyarakat lokal yang berbaur menjadi suatu kesatuan dengan kearifan lokal yang ada, permasalahan lingkungan yang dihadapi adalah hal yang serupa dihadapi masyarakat perkotaan. Dikarena daerahnya yang tertata rapi, aman, dan nyaman, bukan berarti masyarakat perkotaan tidak memiliki permasalahan. Salah satu masalah yang sudah tidak asing lagi bagi daerah perkotaan, yaitu masalah “Kenakalan Remaja”. Masalah ini mungkin dianggap sederhana oleh sebagian orang, padahal masalah kenakal remaja merupakan masalah yang terbilang serius. Dikarenakan remaja atau pemuda adalah generasi tonggak penerus bangsa yang perlu dididik dan dibina sedemikian rupa. Masalah kenakalan remaja yang sering terjadi di perkotaan antara lain narkoba, minum minuman keras, pergaulan bebas, dan masih banyak lagi.

Masa remaja merupakan salah satu periode perkembangan yang dialami oleh setiap individu, sebagai masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Masa ini memiliki ciri-ciri yang menonjol antara lain individu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang amat pesat, baik fisik, emosional dan sosial. Kenakalan remaja adalah semua perubahan anak remaja (usia belasan tahun) yang berlawanan dengan ketertiban umum (nilai dan norma yang diakui bersama) yang ditujukan pada orang, binatang, dan barang-barang yang dapat menimbulkan bahaya atau kerugian pada pihak lain. (Suryani, 2010)

Kenakalan remaja biasanya dilakukan oleh remaja-remaja yamg gagal dalam menjalani proses perkembangan jiwanya, baik pada saat remaja maupun pada saat kanak-kanaknya. Masa kanak-kanak dan masa ramaja berlangsung begitu singkat, dengan perkembangan fisik, psikis, dan emosi yang begitu cepat. Secara psikologis, kenakalan remaja merupakan wujud dari konflik-konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun remaja para pelakunya. Seringkali didapati ada trauma pada masa lalu pelaku. Perlakuan kasar dan tidak menyenangkan dari lingkungannya, maupun trauma terhadap kondisi lingkungannya, seperti kondisi ekonomi yang membuatnya merasa rendah diri.

Kenakalan remaja dapat dikategorikan sebagai perilaku yang menyimpang. Perilaku menyimpang terjadi karena adanya penyimpangan dari aturan-aturan sosial ataupun dari nilai atau norma sosial yang berlaku. Perilaku menyimpang ada yang tidak disengaja, yang menyebabkan pelaku kurang memahami aturan-aturan yang ada. Sedangkan perilaku menyimpang yang disengaja, memang sengaja dilakukan, bukan karena si pelaku tidak mengatahui aturan, mungkin karena ingin diperhatikan atau karna latar belakang masalah lainnya. (Ariyah dan Farid, 2014)

Kurangnya perhatian dari orang tua dan masyarakat sekitar adalah salah satu penyebab terjadinya “Kenakalan Remaja” yang ada di perkotaan, hal ini di karenakan karakteristik masyarakat perkotaan yang cenderung bersikap acuh tak acuh pada lingkungan sekitar sekitar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s