Artikel

Kenakalan remaja adalah semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma yang ada. Perilaku tersebut akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain disekitarnya. Kenakalan remaja menjadi hal yang perlu di waspadai dan lebih diperhatikan karena seiring berkembangnya seorang anak. Oleh karena itu peran orang tua dalam mendidik seorang anak apalagi remaja sangat diperlukan penanaman nilai, dan norma yang diberikan sejak dini dapat mempengaruhi sikap, perbuatan mental seorang anak untuk dapat memilah mana hal yang perlu ditiru, dan mana hal yang tidak patut ditiru, pada intinya seorang anak dapat melihat mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Apabila peran orang tua tidak maksimal sejak anak masih kecil, pada saat tumbuh menjadi seorang remajapun tidak menutup kemungkinan seorang remaja berbuat hal yang melanggar aturan. Seperti banyak contoh yang terjadi, seorang remaja kedapatan sedang merokok, meminum-minuman keras, sampai sex bebas dilakukan tanpa rasa bersalah. Hal itu karena tidak adanya pengawasan orang tua, atau kurangnya perhatian dari orang tua. Banyak faktor-faktor yang membuat remaja memasuki dunia pergaulan yang rusak. Biasanya berawal dari pergaulan dengan teman yang membawa dampak buruk, karena masa remaja itu masa dimana keadaan psikis remaja bisa mudah terpengaruh. Ada faktor yang berasal dari keluarga, karena kurangnya perhatian dari keluarga membuat anak menjadi royal dalam pergaulan. Faktor terpenting yang membuat remaja mudah terjerumus dipergaulan bebas karena kurangnya agama yang membentengi pikiran dan jiwanya. Jadi, peran keluarga dalam memberikan pendidikan agama dan pendidikan moral sangatlah penting untuk pembentukan karakternya kelak.

faktor yang dapat menyebabkan kenakalan remaja :

  1.  reaksi frustasi diri
  2. gangguan berpikir dan intelegensia pada diri remaja
  3. kurangnya kasih sayang orang tua / keluarga
  4. kurangnya pengawasan dari orang tua
  5. dampak negatif dari perkembangan teknologi modern
  6. dasar-dasar agama yang kurang
  7. tidak adanya media penyalur bakat/hobi
  8. masalah yang dipendam

Contoh / Jenis-jenis Kenakalan remaja :

  1. membolos sekolah
  2. kebut-kebutan di jalanan
  3. Penyalahgunaan narkotika
  4. perilaku seksual pranikah
  5. perkelahian antar pelajar
  6. minum minuman keras
  7. dan lain-lain

Tips untuk mencegah dan mengatasi kenakalan remaja

  1. Orang tua harus selalu memberikan dan menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya kepada anaknya. Jadilah tempat curhat yang nyaman sehingga masalah anak-anaknya segera dapat terselesaikan.
  2. Perlunya ditanamkan dasar agama yang kuat pada anak-anak sejak dini.
  3. Pengawasan orang tua yang intensif terhadap anak. Termasuk di sini media komunikasi seperti televisi, radio, akses internet, handphone, dll.
  4. Perlunya materi pelajaran bimbingan konseling di sekolah. Sebagai orang tua sebisa mungkin dukunglah hobi/bakat anak-anaknya yang bernilai positif. Jika ada dana, jangan ragu-ragu untuk memfasilitasi hobi mereka, agar anak remaja kita dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s